Data Keluarga Soeharto dan Aset Kekayaannya

January 16, 2008 at 10:58 am 14 comments

Keluarga Soeharto

Berikut sekelumit data mengenai Soeharto yang saya baca dan kutip dari Kepustakaan Presiden Republik Indonesia dan arsip artikel Yayasan-Yayasan Soeharto oleh George Jujus Aditjondro (tempo, Jum’at, 14 Mei 2004).

Selamat menikmati dan terkejut ! Kalau masih kurang, silahkan baca sendiri artikel aslinya. Dijamin lebih dari puas, bahkan pasti cape deeeech.

Nama : Soeharto
Tempat, tanggal lahir : Kemusuk-Yogyakarta, 8 Juni 1921
Nama Ayah : Kertosudiro
Nama Ibu : Sukirah
Nama Istri : Siti Hartinah (Ibu Tien)
Nama Putra dan Putri :
1. Siti Hardiyanti Hastuti (Mbak Tutut)
2. Sigit Harjojudanto
3. Bambang Trihatmodjo
4. Siti Hediati Herijadi
5. Hutomo Mandala Putra (Tommy)
6. Siti Hutami Endang Adiningsih

Karir Militer dan Politik :
1. Sersan Tentara KNIL
2. Komandan PETA
3. Komandan Resimen – Pangkat Mayor
4. Komandan Batalyon – Letnan Kolonel
5. Pengawal Panglima Besar Sudirman
6. Panglima Mandala (Pembebasan Irian Barat)
7. Panglima Angkatan Darat
8. Pangkopkamtib
9. Presidan RI ( Maret 1968 – 21 Mei 1998)

Berikut nama sejumlah yayasan (ditulis Y.) dan lembaga terkait dengan Soeharto.

Yayasan yang diketuai Soeharto (Total 12 yayasan) :
Y. Supersemar
Y. Dharma Bhakti Sosial (Dharmais)
Y. Dana Abadi Karya Bakti (Dakab);
Y. Amal Bhakti Muslim Pancasila
Y. Serangan Umum 1 Maret
Y. Bantuan Beasiswa Jatim Piatu Tri Komando (Trikora)
Y. Dwikora
Y. Seroja
Y. Nusantara Indah
Y. Dharma Kusuma
Y. Purna Bhakti Pertiwi
Y. Dana Sejahtera Mandiri

Yayasan yang diketuai Ibu Tien Soeharto (Total 4) :

Y. Harapan Kita
Y. Kartika Chandra
Y. Kartika Djaja
Y. Dana Gotong Royong Kemanusiaan

Yayasan yang dikuasai secara tidak langsung oleh Soeharto- melalui Bob Hasan sebagai Pres.Komisaris PT. Astra International, Inc. (Total 4 Yayasan) :

Toyota Astra Foundation
Y.Astra Dharma Bhakti
Y.Dana Bantuan Astra
Y.Dharma Satya Nusantara

Yayasan yang dikuasai secara tidak langsung oleh Soeharto- melalui B.J. Habibie (sebagai Ketua ICMI) :

Y.Abdi Bangsa;

Yayasan yang dikelola oleh Anak dan Cucu Soeharto (Total 12) :

Y. Tiara Indonesia
Y. Dharma Setia
Y. Pendidikan Tinggi di Dili [Tutut]
Y. Bhakti Nusantara Indah/Yayasan Tiara Putra [Tutut - Halimah (Istri Bambang)
Y. Bimantara [Bambang Trihatmojo]
Y. Bhakti Putra Bangsa
Y. IMI (Ikatan Motoris Indonesia) Lampung
Y. Badan Intelejen ABRI (BIA) [Mayjen Prabowo]
Y. Veteran Integrasi Timor Timur
Y. Hati
Y. Pemilik Objek Wisata Tmn.Buah Mekarsari [Siti Hutami]
Y. Bunga Nusantara [Ny.Christine Arifin]

Yayasan yang dikelola oleh besan dan rekanan Soeharto (Total 5 Yayasan) :

Y. Tri Guna Bhakti
Y. Pembangunan Jawa Barat
Y. 17 Agustus 1945
Y. pendidikan Triguna
Y. Balai Indah

Daftar perusahaan yang sahamnya terkait yayasan Soeharto [ Yayasan Dakab-Dharmais-Supersemar] (Total 19) :

Majalah Gatra
Bank Duta
Bank WIndu Kentjana
Bank Umum Nasional (BUN)
Bank Bukopin
Bank Umum Tugu
Bank Muamalat Indonesia (BMI)
PT Multi Nitroma Kimia
PT Indocement Tunggal Prakarsa
PT Nusantara Ampera Bakti (Nusamba)
PT Teh Nusamba
PT Gunung Madu Plantations
PT Gula Putih Mataram
PT Werkudara Sakti
PT Wahana Wirawan Wisma Wirawan
PT Fendi Indah PT Kabelindo Murni
PT Kalhold Utama
PT Kertas Kraft Aceh
PT Kiani

Daftar perusahaan yang sahamnya terkait yayasan Soeharto [Yayasan Harapan Kita-Trikora] (Total 14)

RS Harapan Kita
PT Bogasari Flour Mills
PT Bank Windu Kencana
PT Kalhold Utama
PT Fatex Tory
PT Gula Putih Mataram
PT Gunung Madu Plantation
PT Hanurata
PT Harapan Insani
PT Kartika Chandra
PT Kartika Tama
PT Marga Bima Sakti
PT Rimba Segara Lines
PT Santi Murni Plywood

Taksiran nilai total kekayaan Soeharto dkk.

Sulit ditaksir secara pasti akan tetapi berikut beberapa taksiran yang pernah ada (padahal angka ini sudah lama, entah berapa sekarang) :
40 Miliyar USD (Newsweek, 26 Januari 1998) ;
15 Juta USD (Tesis Ph.D. Jeffrey Winters tahun 1991)

Saya yakin jika hanya Kejaksaan Agung dan Pemerintah saja yang berjuang, masalah kekayaan Soeharto tidak akan — mendekati — selesai. Ini semua butuh bantuan dari semua pihak untuk menyelesaikannya.

Indonesia is needing you ….
where are you?
Would you help your country ?
Let’s help our country !!!!

About these ads

Entry filed under: Politik. Tags: , , .

Reformasi Gugat Amien Rais SOS (Save Our Soeharto)

14 Comments Add your own

  • 1. suyug  |  January 16, 2008 at 3:45 pm

    Memang sangat disayangkan kalau masalah mantan Presiden RI ini sampai mengendap begitu saja. Kalau dibagikan buat dana pendidikan, sekolah mungkin tak harus bayar.

  • 2. Pramudya  |  January 27, 2008 at 10:09 am

    Adili Soeharo sesuai dengan prinsip-prinsip hukum yang berlaku, agar tidak menjadi preseden yang buruk bagi penegakkan hukum di Indonesia.

  • 3. sarah  |  January 28, 2008 at 9:51 am

    kalo harta president soeharto di ambil bisa buat lapangan kerja buat orang miskin

  • 4. sarah  |  January 28, 2008 at 9:52 am

    soeharto mau

  • 5. anak Indonesia berkata..  |  January 29, 2008 at 3:59 am

    banyak banget hartanya sampai milyaran USD. Anak beserta cucunya punya saham sendiri-sendiri. Jangan memperkaya diri sendiri dan keluarga donk…. tu harta harusnya dikembaliin ke pemerintah, walaupun yang bersangkutan telah tiada tapi kasus ini gak boleh berhenti trus ilang gitu aja, harus ada yang tanggung jawab atuh. Pak Harto aja meninggal gak bawa seluruh hartanya kan? Yang dia bawa cuman amal dan kebaikannya aja. makanya untuk apa memperkaya diri sendiri?? dari pada malu lebih baik tuh balikin uang pemerintah, gampang kan?? dari pada orang yang udah meninggal masih tetep aja jadi kontroversi, kan kasian yang di dalam kuburnya.!!

  • 6. tri utami  |  January 31, 2008 at 1:09 pm

    qta harus mendesak pemerintah untuk bersikap tegas mengenai kasus yang menyangkut mantan penguasa Republik ini, terlalu banyak kerugian yang diderita rakyar walaupun katanya zaman pak harto lebih baik, tapi justru sebenarnya, kondisi yang qta alami saat ini semua karena kebijakan yang dilakukan sang penguasa saat itu, Mereka melahirkan budaya korupsi yang telah mendarah daging sampai saat ini.usut terus kasus sang penguasa dan tolak pengajuan beliau sebagai pahlawan nasional

  • 7. ASTRIE  |  February 6, 2008 at 6:04 am

    gila……………..!!! soehatro pantesan aja ga bakalan abis 7 turunan
    sahamnya aza dmana2…………….!!!

  • 8. anggarbudi  |  February 9, 2008 at 11:51 am

    waduh…..kita yang kerja sampai pensiun saja cari buat anak cucu susah banget…eheh ini 40 milyar dollar berarti sekitar 36 trilyun rupiah.
    kalau dibagi untuk subsidi pangan kan lebih bermanfaat, atau yayasan anak yatim piatu dan anak cacat… berpahala besar.
    !!!! seperti yayasan anak yatim piatu yang saya kelola… semoga mereka sadar bahwa itu uang rakyat….dam harus kembali kerakyat

  • 9. nisha  |  May 31, 2008 at 2:02 pm

    banyak orang yang mencerca dan menghakimi alm. pak harto tapi gak perlu kayak gitu kali. sy alumni SMK PGRI 1 yg pernah mendapat beasiswa supersemar selama 3 thn, sy bersama 20 teman sekelas sy hyn ingin semua tau tidak semua yayasan yg di miliki beliau tidak bermanfaat buat rakyat…..

  • 10. Bill Hates  |  July 11, 2008 at 4:05 pm

    wow,mr Soeharto your money is more than my money…. woow i’m frustasing that i’m not the richestman in the world anymore …

  • 11. ahmadanoval  |  July 30, 2008 at 10:07 am

    ya……itu sudah rezeki mereka, tapi kalau aku dibagi 10% aja. aku mau banget tuh……..banget………mau.

  • 12. c1p  |  September 16, 2008 at 12:03 am

    ………….????

  • 13. yopi  |  September 28, 2008 at 9:41 am

    semoga soeharto ngak masuk surga selamanya. terlalu banyak yg menderita karena ulahnya. buat apa harta klo ngak bisa nyogok ke surga.

  • 14. anak indo  |  October 15, 2008 at 2:31 pm

    buat pak soeharto…,,,
    makasih buat semuanya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Jumlah Kunjungan

  • 48,138 hits

Kalender

January 2008
M T W T F S S
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: