Ayo Menjadi Pembajak !

January 10, 2008 at 5:10 pm Leave a comment

 

Sering kali saya kaget dan kecewa pada saat mengetahui alangkah banyak aset bangsa dibajak, dipatenkan, bahkan raib dikoleksi oleh negara lain. Pembajakan aset ini dari mulai dari “terbelinya” kaum intelektual Indonesia oleh oleh negara lain, hasil penelitian, karya budaya masyarakat, hingga terbajaknya kecintaan warga negara terhadap negaranya sendiri akibat kesejahteraan dan perhatiaan dari negara yang tak kunjung berpihak pada warganya.
Disisi lain justu sangat mengherankan bahwa Indonesia dicatat sebagai negara dengan tingkat pembajakkan yang tinggi. Dari mulai karya cipta, alat dan sebagainya.

Kita tentu mengetahui bahwa banyak negara (contohnya Jepang dan China ) yang kini bangkit justru karena mereka membajak. Mereka membajak pengetahuan dan teknologi dari negara maju pada saat negara maju tersebut tidak mau memberikan pola alih teknologi dan membeberkan rahasia ilmu pengetahuan.
Jepang secara sengaja dan tanpa malu menyuruh warganya untuk membajak teknologi dan pola kemajuan negara yang telah maju. Kemudian Jepang memfasilitasi, dan melindungi apa yang telah warganya dapatkan dari hasil membajak.
Akhir-akhir ini China menerapkan pola sama dengan apa yang dulu telah dilakukan Jepang. Dan terbukti akhirnya China pun dapat sukses. Kita pasti mengetahui ihwal perilaku pembajakan produk yang dilakukan China.

Tanpa disadari, masyarakat Indonesia telah meniru pola “alih teknologi dan pengetahuan” yang dulu pernah dilakukan negara-negara maju baru. Banyak orang Indonesia yang memiliki kemampuan fantastis dalam meniru sesuatu dengan cara membajak, contohnya pembuatan piranti lunak (software), hanya saja dalam kasus Indonesia justru terbalik. Indonesia justru berusaha untuk mematikan potensi tersebut, bukannya mengarahkannya ke arah yang lebih baik dan berusaha melindungi potensi tersebut. Ironisnya, Indonesia justru menjadi negara “Yes” terhadap apa yang dituntutkan negara maju, yang dahulunya mereka dengan sengaja menerapkan pola bajak-membajak, untuk mematikan potensi tersebut.

Pembajakan teknologi demi kemajuan ilmu pengetahuan dan peradaban saya kira sangat diperlukan pada saat pihak yang telah memiliki teknologi tersebut justru berusaha menyembunyikan hal tersebut karena tidak menginginkan negara lain mengikuti jejak suksesnya.

Apa yang mampu kita bajak dari negara maju, BAJAKLAH… dan gunakan untuk menjadikan Indonesia maju?

“Jangan pernah tanyakan apa yang telah dilakukan negaramu padamu,tapi tanyakanlah apa yang dapat kamu lakukan untuk negaramu”.

AYO MENJADI PEMBAJAK

Entry filed under: Umum. Tags: , , , , .

PRESIDEN SBY, PRESIDEN MUSIBAH Terbaringnya Seorang Jenderal Besar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Jumlah Kunjungan

  • 86,781 hits

Kalender

January 2008
M T W T F S S
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

%d bloggers like this: