Operator Selular Indonesia, Tua-tua Keladi.. Makin Tua Makin Jadi ‘GILA’

January 11, 2008 at 9:11 am Leave a comment

Pada pemberitaan di media akhir tahun 2007 banyak disoroti mengenai tarif layanan operator selular. Kasus mulai mencuat ketika dugaan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menengarai adanya monopoli saham di operator selular, Telkomsel dan Indosat, oleh pihak Temasek dan rekannya.Temasek dituduh dan terbukti memonopoli pasar telekomunikasi selular di Indonesia dengan memiliki saham di dua perusahaan (Telkomsel dan Indosat) yang bergerak pada bidang usaha yang sama, yaitu bidang telekomunikasi selular. Vonisnya, Temasek didenda dan diharuskan melepas salah satu saham yang dimiliki pada perusahaan operator selular tersebut.

Memasuki awal tahun baru 2008, dalam rentang waktu yang tidak begitu lama dan masih terkait temuan dari KPPU, kembali mencuat kasus terkait ikhwal operator selular. Kali ini perihal tarif layanan ‘Short Message Service’ (SMS) dan tarif layanan percakapan antar operator. KPPU menemukan — Masya Alloh, koq mereka baru nyadar yaa ? — bahwa tarif SMS yang berlaku tiga kali lebih mahal dari harga pokok seharusnya. Harga pokok Layanan SMS yang hanya berada pada kisaran 76 Rupiah, pada kenyataannya pihak operator selular (TELKOMSEL, INDOSAT, EXCELCOMINDO) memasangnya dengan tarif 250-350 Rupiah per SMS. Anehnya, hal ini dilakukan secara sengaja dan dicurigai dilakukan dengan cara ‘kartel’ atau persekongkolan untuk menjaga tarif layanan tetap tinggi.

Akan tetapi, alhamdulillah pada akhirnya Indonesia mulai memperhatikan kesejahteraan warganya. Ini terbukti dengan giatnya lembaga dan komisi-komisi negara bekerja mengurusi kepentingan masyarakat banyak. Dalam hal ini contohnya KPPU, yang mengurusi kasus-kasus kecurangan persaingan usaha. Apa mungkin pajabat KPPU giat hanya gara-gara merasa senasib sepenanggungan karena kebobolan tagihan telepon selular? Kita do’akan saja semoga tidak.
Semoga janji Menkominfo Muh. Nuh bahwa semua jenis tarif layanan operator turun sekitar 10 hingga 30% — kalau bisa sih yang 30% dong — segera terealisasi. SEMOGA.

AYO KPPU JANGAN MENYERAH…..
DEMI NEGARA,
DEMI MASYARAKAT,
dan DEMI TAGIHAN PULSA MU !!!

Entry filed under: Umum. Tags: , , .

Terbaringnya Seorang Jenderal Besar Negara Kerajaan Republik Indonesia (NKRI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Jumlah Kunjungan

  • 86,781 hits

Kalender

January 2008
M T W T F S S
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

%d bloggers like this: